Paduan Wisata Alam Dan Wisata Spiritual Di Bukit Goa Selangor -Malaysia, seperti negara-negara Timur pada umumnya, memiliki tempat-tempat yang dianggap mengandung nilai-nilai spiritual tertentu. Saat ini cukup banyak wisatawan dunia, khususnya yang berasal dari negara-negara Timur, yang menaruh minat yang tinggi terhadap tempat-tempat seperti itu. Tidak heran pada sekarang ini bermunculan tempat-tempat wisata spiritual dimana-mana. Nah Malaysia sendiri memiliki beberapa objek wisata yang memiliki nilai spiritual. Salah satu yang paling populer adalah objek wisata Batu Caves atau Gua Batu. Objek wisata ini disebut-sebut sebagai tempat yang wajib dikunjungi bila anda berlibur di negeri Jiran karena memadukan keindahan alam bukit kapur dan gua-gua dengan patung-patung, candi, dan kuil-kuil yang sangat sarat akan nilai spiritual.

Terletak di distrik Gombak, Selangor, Batu Caves menjadi tempat favorit sebagai wisata spiritual. Gua Batu ini tersebar di sebuah bukit kapur, oleh sebab itu ada yang menyebutnya sebagai Sungai Batu. Sebaran ini terbagi menjadi tiga gua besar utama dan banyak gua-gua kecil. Merupakan tempat suci bagi Umat Hindu, setiap wisatawan yang memasuki area ini tidak boleh bertingkah sembarangan, dari pakaiannya saja disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan atau menyewa kain yang telah disediakan untuk menutupi bagian tubuh.

Setelah anda memasuki area Gua Batu, pertama sekali anda akan melihat patung Dewa Murugan. Patung ini memiliki ketinggian 42 meter dan dilapisi dengan emas. Patung dewa Murugan juga menjadi ikon kota Selangor. Sebelum memasuki gua, anda dakan melewati 272 anak tangga yang tersusun agak curam namun memiliki warna-warni yang indah. Di bukit kapur ini juga masih menjadi tempat tinggal kawanan kera. Jadi para wisatawan juga dihimbau untuk berhati-hati terhadap monyet-monyet yang banyak berkeliaran di area sekitar goa. Pasalnya mereka kadang-kadang mencuri barang-barang pengunjung.

Sangat disarankan bagi anda yang ingin berkunjung kesini, untuk datang pada akhir bulan Januari. Karena pada waktu itulah diselenggarakan sebuah festifal tradisi bernama perayaan Thaipusam. Festival ini sanagat unik dan sangat jarang ditemui di tempat lain, karena berbagai adegan keras diperagakan oleh para peserta festival yang merupakan penduduk setempat. Seperti menusuk pipi dengan batang besi kecil, mengaitkan batang logam ke tubuh, dan masih banyak lagi. Ritual ini bertujuan untuk dipersembahkan kepada dewa Murugan dan dewi Parwati. Tak jarang juga ada peserta festival yang trance alias kerasukan. Mereka menjadi membabi buta dan seperti tidak merasa sakit ketika dipukul atau ditusuk dengan benda tajam. Tentu saja ini masih dalam batas kewajaran, karena semua adegan pada ritual itu merupakan bagian dari tradisi yang masih dipegang oleh masyarakat setempat di sekitar Gua Batu tersebut. Sedangkan pada hari-hari biasa, para wisatawan bisa berkeliling ke kuil-kuil hindu, menikmati pemandangan di dalam gua-gua maupun menelusuri bukit kapur yang megah. Namun tenang saja, nuansa spiritual di tempat ini sangat kental. Jadi kita tetap dapat merasakannya kapanpun, tidak harus saat ada festifval saja.

Bagi anda yang merencanakan untuk berlibur di sini, tempat ini sangat dekat dengan pusat kota Selangor, yaitu hanya berjarak sekitar 13 kilometer saja. Gua Batu memiliki jam operasional pada pukul enam pagi hingga jam 9 malam pada setiap harinya. Sedangkan untuk harga tiket dimulai dari 5 ringgit Malaysia hingga 88 ringgit saja. Bahkan ada beberapa area yang tidak menggunakan tiket masuk, alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap